Terbaru

Butuh pulsa?? Beli di MasMus Pulsa

Pengen nonton film tapi males ke bioskop... Pakai jasa download MasMus - Download film apa aja terbaru :)

Cari Blog Ini

Menjernihkan Air Sumur Bor dengan Tawas

Menjernihkan Air Sumur Bor dengan Tawas

Sudah umum di perumahan sekitar Cibeber-Cimahi, air tanahnya agak kuning. Ada yang berbau, ada yang tidak. Demikian juga dengan air tanah di rumah saya sekarang (perumahan graha alamanda cibeber-cimahi). Airnya agak kuning, walaupun tidak berbau karat. Dengan sumur bor sedalam 20 meter ( hehehe, saya tahu karena pernah ikutan mbantu narik pipa 4-meteran sebanyak 5 buah), mestinya air yang di dapat akan jernih. Saya tidak tahu persis, bagaimana lapisan geologis tanah di sini.
Banyak tetangga kami menggunakan penyaring air yang dijual di pasaran untuk menjernihkan air. Hasilnya bagus. Tetangga depan, pak Adam, mencoba membuat sendiri penyaring air dengan menggunakan pipa pralon dan lengkap dengan backwashnya (hehe.. pernah ada rencana untuk mencobanya juga…murah sih), dan hasilnya jernih. Nah, di rumah saya, saya mencoba menggunakan tawas (Aluminium Sulfat) yang ditaburkan di selubung pipa sumur bor. Hasilnya, air memuaskan, hehehe. Sudah hampir 3-bulan, air di rumah jernih, tidak kuning lagi.

Asal mula menggunakan tawas ini adalah atas saran dari tukang sumur, saat menguras sumur bor di rumah kami. Katup pipa di bawah, tersumbat oleh endapan partikel kuning, sehingga air selalu turun saat mesin pompa mati. Jadinya, dipancing pun air tidak bakalan naik lagi. Akhirnya pipa diangkat (ada 5 pipa 4-meteran) dan dibersihkan. Sudah ok, tukang sumur menyarankan untuk menaburkan tawas ke dalam sumur. Katanya, biasanya tawas digunakan untuk menguras sumur saat pertama kali digali.

Tawas (atau towas, Aluminium Sulfat) mungkin tidak asing. Di deodoran penghilang bau badan kita, ada tawasnya. Saya mendapatkan tawas ini di toko besi terdekat, seharga 5rb rupiah / plastik setengah kilo-an. Cari-cari info tentang tawas ketemu juga zeolit yang juga digunakan untuk penjernih air. Zeolit sintetik juga bisa dibuat dari tawas yang harganya murah. Saya tidak tahu apakah yang saya gunakan itu zeolit sintetik atau tawas. Yang pasti, air di rumah sekarang mengalir jernih, Alhamdulillah.

Mungkin Anda bisa mencobanya.
http://edwidianto.wordpress.com/2009/01/14/menjernihkan-air-sumur-bor-dengan-tawas/

0 comments:

Posting Komentar

 

Copyright 2009. Blog Wik1 | Terbaru Hot Update | Info Wikapedi | Serba Serbi Google | Translate | Design by Catalog-Tutorial | Sejarah Psikodiagnostik