Terbaru

Butuh pulsa?? Beli di MasMus Pulsa

Pengen nonton film tapi males ke bioskop... Pakai jasa download MasMus - Download film apa aja terbaru :)

Cari Blog Ini

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Mengandung Tawas

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Mengandung Tawas

[Image]

Saat ini tengah marak peredaran makanan yang ditengarai mengandung bahan tambahan yang berupa tawas. Makanan yang dijual pada umumnya berupa jajanan masyarakat yang bernama bakso. Bakso demikian populer sebagai makanan yang digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua semuanya menyukai bakso. Namun kini Anda patut waspada karena bakso yang Anda makan belum tentu bebas tawas.

Tawas adalah bahan kimia yang termasuk dalam golongan desinfektan yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri penyebab berbagai penyakit. Tawas digunakan dalam industri kosmetik sebagai bahan penghilang bau badan. Tawas berfungsi mencegah tumbuh kembangnya bakteri pada ketiak manusia. Penggunaanya adalah dengan mengoleskan batang tawas langsung ke ketiak manusia, ataupun dengan melalui serangkaian proses produksi dalam pabrik modern dan berbentuk roll on yang praktik dipakai.

Sementara dalam dunia kesehatan, tawas berguna mencegah pertumbuhan jentik nyamuk yang berdiam di dalam bak kamar mandi. Masyarakat seringkali melarutkan beberapa gram batang tawas ke dalam air bak mandi dengan harapan mampu membunuh kuman-kuman dan larva nyamuk. Hal ini adalah salah satu bentuk pencegahan penyakit demam berdarah, malaria, chikungunya dan beragam penyakit lain yang disebarkan oleh nyamuk.

Bisa Anda bayangkan betapa berbahayanya tawas jika masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan bakso. Fungsi awal sebagai pembasmi kuman telah disalahgunakan oleh sebagian pedagang bakso untuk meraih untung sebanyak-banyaknya. Alasan yang mereka pakai pada umumnya adalah menciptakan bakso yang kenyal, tidak mudah berjamur dan bisa dijual kembali dalam waktu yang relatif lama.

Mengkonsumsi bakso yang mengandung tawas sama halnya dengan menimbun racun ke dalam tubuh. Hal ini bisa membahayakan fungsi ginjal, hati dan saluran pencernaan. Bila bahan-bahan aditif makanan banyak bertumpuk di dalam tubuh maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kanker hati. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi kepada keluarga Anda, bukan?

Cara terbaik untuk mencegah bahaya tawas adalah tidak mengkonsumsi bakso secara berlebihan. Hindari membeli bakso yang dijual secara bebas di pinggir jalan bila Anda belum yakin kesehatan daging yang dipakai dalam bakso. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Maka hindarkan diri dan keluarga dari bahaya bakso yang mengandung tawas sekarang juga.

Sumber gambar: dapur-squ.blogspot.com
http://marsudijono-matahari.blogspot.com/2011/08/bahaya-mengkonsumsi-makanan-mengandung.html?m=1

Eksotisme Pulau Hoga, Wisata Bawah Laut Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

 

Copyright 2009. Blog Wik1 | Terbaru Hot Update | Info Wikapedi | Serba Serbi Google | Translate | Design by Catalog-Tutorial | Sejarah Psikodiagnostik