Terbaru

Butuh pulsa?? Beli di MasMus Pulsa

Pengen nonton film tapi males ke bioskop... Pakai jasa download MasMus - Download film apa aja terbaru :)

Cari Blog Ini

Apa yang harus dilakukan sebelum UAS ???

Apa yang harus dilakukan sebelum UAS ???

by Ulfah Faoziyah on Sunday, 1 January 2012 at 14:22
BAGI sebagian besar mahasiswa mungkin kini tengah memasuki minggu-minggu terakhir menjelang Ujian Akhir Semester (UAS), namun kebiasaan menggunakan metode belajar SKS alias Sistem Kebut Semalam, mahasiswa pun cenderung berleha-leha.

Menjelang hari H, kamu akan menjadi kelabakan ketika menyadari banyaknya materi yang harus dibaca dan dimengerti sebagai bahan UAS. Tidak jarang, sikap pasrah atau mengandalkan 'bantuan' teman menjadi pilihan terakhir yang ditempuh.


Trik Usir Jenuh saat Persiapan UAS
1. Cari teman belajar
Malas mengulas ulang materi kuliah? Cari teman belajar yang asyik, rajin, dan kooperatif. Enggak mau juga kan kalau dapat teman belajar yang terlalu serius dan enggak bisa diajak kerja sama dalam membahas materi kuliah? Sstt.. Anehnya, teman belajar itu kadang bukan teman yang sehari-harinya hang out bareng kamu loh.

2. Cari tempat asyik di perpustakaan
Daripada belajar di tempat kos atau menunggu pulang ke rumah untuk membuat tugas, lebih baik sambangi perpustakaan. Cari satu lokasi paling strategis dan nyaman untuk kamu singgahi tiap usai kuliah. Jadi, kamu dengan sendirinya akan semangat me-review materi setelah kuliah.

3. Mulai belajar kelompok
Belajar sendiri atau dengan orang yang sama setiap harinya, mungkin bisa membuatmu bosan. Coba deh cari teman-teman yang sekiranya mau kamu ajak belajar bareng setelah ngampus. Enggak mesti setiap hari dengan kelompok yang sama sih, punya satu kelompok belajar untuk tiap mata kuliah juga bakal seru loh, apalagi kalau belajarnya di tempat favoritmu di perpustakan.

4. Motivasi dirimu
Jika kejenuhan mulai menyapamu kembali, coba motivasi dirimu sendiri. Misalnya dengan memberikan hadiah tersendiri jika kamu berhasil mendapat nilai bagus di UAS mendatang. Atau jika kamu senang menulis, kamu bisa tuliskan motivasi belajar pada secarik kertas dan menempelnya di dinding. Baca ulang motivasimu, niscaya mood belajar balik lagi kok.

5. Istirahat
Kamu mungkin kerap lupa istirahat lantaran serius belajar. Sebaiknya jangan lalaikan istirahat, masukkan poin istirahat (selain tidur) dalam jadwal sehari-harimu. Kalau bisa, luangkan waktu untuk rileks bareng teman atau keluarga.



Cara Belajar Efektif Menjelang UAS
1. Sedikit belajar tapi mulai lebih awal
Rencanakan rutinitas belajarmu dan jadwal kegiatanmu dalam bersosialisasi. Dengan mulai mencicil materi kuliah sejak awal tidak perlu membuatmu belajar dalam porsi besar karena minimnya waktu. Hal ini akan meluangkan waktumu untuk bersantai serta meminimalkan rasa stres.

2. Memiliki sesi belajar intensif
Jika kamu adalah orang yang mampu mengatasi tekanan tapi tidak memiliki kesabaran untuk duduk berlama-lama sambil membaca buku atau catatan, cobalah menggunakan jam belajar intensif. Rencanakan untuk menyelesaikan satu bab atau sebagian bab setiap jam, namun pastikan kamu memahami benar mengenai bab tersebut.

3. Hindari belajar ketika akhir pekan
Jadikan akhir pekan sebagai waktu untuk melepas penat dengan menghabiskan waktu bersama teman atau orang-orang terdekat. Sebagai gantinya, maksimalkan belajar sepanjang Senin-Jumat dengan porsi yang sesuai kemampuanmu.

4. Perhatikan dengan baik saat dosen mengajar
Alasan pertama mengapa kamu harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin menjelang UAS terjadi, karena kamu tidak menyimak dengan baik ketika dosen memberikan materi perkuliahan. Jika kamu bisa fokus memperhatikan materi yang diberikan, maka waktu belajarmu menjelang ujian akan semakin singkat. Sebab, sebagian besar materi tersebut telah terekam di kepalamu.

5. Patuhi semua rencana yang telah ditetapkan
Melenceng dari jadwal yang telah kamu tetapkan akan membuat segalanya berantakan. Adanya jadwal membantumu tetap fokus antara akademis dan kehidupan sosial.


Ayo Siapkan Diri Jelang UAS!
Buat Prioritas

Biasanya, menjelang UAS ada banyak tugas yang harus dikumpulkan. Karena itu, tuntaskan semua tugas yang akan mempengaruhi nilaimu. Kemudian, buat daftar hal yang paling penting, apa saja yang harus kamu kerjakan dan pelajari. Jika tidak memiliki daftar rencana, kamu bisa salah mengelola waktu belajar. Pahami dengan baik nilai yang kamu harapkan dari tiap mata kuliah. Hal ini akan sangat berguna menjelang UAS karena kamu tahu nilai berapa yang kamu inginkan.

Jangan gagal di masa lalu

Jika kamu ketinggalan materi yang harus dibaca, maka menjelang UAS materi yang harus kamu baca akan ‘menumpuk’. Karena itu, pastikan kamu mempelajari materi kuliah pada saat pertama kali diajarkan. Ini berguna agar kamu tidak perlu kembali ke halaman awal dan meninjaunya. Bahkan terkadang, meski kamu sudah memperhatikan dengan baik apa yang harus dilakukan di kelas, kamu dapat melupakan beberapa bacaan wajib.

Studi Lingkungan

Kamu dapat meraih waktu belajar yang berkualitas meski tidak belajar di rumah. Karena itu, hilangkan gangguan suara bising dan belajarlah selama siang hari. Ini akan membuat kamu lebih waspada dan meningkatkan efisiensi ketika belajar.

Atur waktu belajar

Bersiaplah untuk belajar insentif secara serius dan rencanakan waktunya. Belajarlah pada saat waktu yang tepat dengan dirimu. Beberapa orang memiliki banyak energi pada siang hari, sementara yang lain kebalikannya. Karena itu, cari tahu apa yang terbaik untuk kamu dan dedikasikan diri untuk belajar.

Bertanya ke Dosen

Temui dosenmu saat jam kerja. Banyak mahasiswa yang malas menemui pengajarnya saat jam kerja. Padahal, dosen merupakan sumber yang tepat untuk bertanya mengenai materi kuliah.

Selain itu, gunakan beberapa alat bantu untuk belajar. Kamu bisa menggunakan catatan kuliah, tes pada masa lalu, dan bahan materi dari dosen. Cari juga teman belajar. Pilih satu orang yang kamu nilai pintar di kelas. Ajak dia bergabung dan belajar bersama menjelang ujian.

Pekan UAS mungkin akan menjadi pekan yang berat bagimu. Tapi pahamilah, saat UAS berakhir, kamu akan merasa sangat senang. Inilah salah satu alasan mengapa setelah UAS, kampus akan libur panjang. Pasalnya, masa UAS penuh dengan perjuangan.

Siapa yg sudah bisa melakukan semua itu ???
Yang masih punya waktu.. bisa u/ mncobanya!!!
http://www.facebook.com/notes/ulfah-faoziyah/apa-yang-harus-dilakukan-sebelum-uas-/148957138547406
Selamat Mencoba!!! dan selamat Belajar!!!

#sumber : kampus.okezone.com

0 comments:

Posting Komentar

 

Copyright 2009. Blog Wik1 | Terbaru Hot Update | Info Wikapedi | Serba Serbi Google | Translate | Design by Catalog-Tutorial | Sejarah Psikodiagnostik